Selasa, 22 Juli 2008

Pembuatan Benang Sutera

naah lagi muncul ide nihh..kepingin berternak ulat sutra (bukan kondom sutra lhoo).. yaaa sapa tau kecil2 aja dulu.. ada y mau bantu? makasihh ya..
nih dari nol bgt nih???




Pembuatan Benang Sutera

Padepokan Dayang Sumbi di Lembur Pamoyanan, Cimeunyan, Kabupaten Bandung Timur ini menjadi tempat mengembangbiakkan ulat sutera dan pabrik kain sutera. Padepokan ini pun tak luput dari kunjungan peserta iDEA Craft Tour.

Seperti kunjungan lainnya, di sini peserta memperoleh informasi tentang proses yang terjadi di padepokan. Mulai dari proses budi daya ulat sutera, membuat benang sutera, hingga menenun kain sutera dan mewarnainya.

Untuk mengetahui proses ulat sutera menghasilkan benang sutera ini, Wibowo Moerdoko, C.Text, FTI, pemilik padepokan, menjelaskan proses yang terjadi.

"Semua bermula dari ulat sutera Bombyx Mori. Ulat ini hidup dan memakan daun murbei (Morus Sp.) sebagai makanan utamanya. Karena itu, sebelum memulai pemeliharaan ulat sutera, tanaman murbie ini harus udah siap panen sebagai bahan makanan ulat," kata Wibowo.

Di Padepokan Dayang Sumbi peserta serasa kembali ke bangku sekolah. Penjelasan yang begitu detail membuat peserta dapat memahami proses yang berlangsung. Mereka kini menjadi faham, bagaimana siklus hidup ulat sutera dan bagaimana mengelolanya menjadi sebuah kain sutera yang terkenal mahal itu.

Reporter: Jones/iDEA
Kameramen: Awan/KompasTV


Tidak ada komentar: